Sabtu, 30 Maret 2013

Sejarah BMT-Barokah Surya Mandiri



SEJARAH BERDIRINYA BMT BAROKAH Padi Melati

Pada awal tahun 2001, beberapa tokoh Pemuda Muhammadiyah dan Nasyiatul ‘Aisyiyah merintis usaha yang diberi nama Adila, kependekan dari Amal usaha Padi Melati. Usaha yang pertama kali dibuka adalah Warung Serba Ada, menempati salah satu ruang di rumah Bapak Toha/Ibu Zahro Farida di Singosaren. Pada perkembangannya melayani konsumen dengan model Telemarket, layanan pesan antar. 3 bulan kemudian dibuka unit usaha fotocopy di Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Selanjutnya ada pemikiran bahwa unit-unit usaha yang sudah ada perlu diwadahi dengan legalitas atau badan hukum, dan yang dirasa paling sesuai adalah Koperasi.
Pada saat itu, KOPERASI BMT BAROKAH YOGYAKARTA yang dirintis oleh PCM Wirobrajan sudah tidak berjalan sebagaimana mestinya alias vakum. Dengan tekad dan semangat yang dimiliki, Adila mulai mengadakan pendekatan kepada pengurus KOPERASI BMT BAROKAH YOGYAKARTA, agar bisa memanfaatkan Badan Hukum yang telah dikantongi oleh KOPERASI BMT BAROKAH YOGYAKARTA. Alhamdulillah upaya itupun membawa hasil, sehingga mulailah pada akhir 2001 mempersiapkan operasional BMT BAROKAH Padi Melati, yang nantinya sebagai Unit Simpan Pinjam dari Koperasi.
Akhirnya, pada awal tahun 2002 BMT BAROKAH Padi Melati berdiri dan melaksanakan kegiatan usaha simpan pinjam, dengan “menggunakan” Badan Hukum KOPERASI BMT BAROKAH YOGYAKARTA dengan Nomor 73/BH/AD/KDK.12.5/II/2000. Meskipun demikian, manajemen BMT BAROKAH Padi Melati terpisah dengan manajemen BMT BAROKAH. Modal awalnya pun tidak berasal dari koperasi/anggota KOPERASI BMT BAROKAH YOGYAKARTA, melainkan dari sumber dana lain, murni modal dari BMT BAROKAH Padi Melati sendiri. Operasional BMT BAROKAH Padi Melati saat itu dengan menyewa kios di Jl. Bugisan No. 21 Yogyakarta.
Hingga saat ini, BMT BAROKAH Padi Melati masih menjalankan aktivitas usaha, dan kini menempati kantor di Jl. Bugisan No. 23 Yogyakarta, kompleks Gedung Dakwah Muhammadiyah Wirobrajan. Alhamdulillah menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Dengan modal awal hanya Rp 3.000.000,00, hingga sekarang ini asset/kekayaannya sudah mencapai lebih kurang Rp 1.000.000.000,00. Dan Alhamdulillah BMT BAROKAH Padi Melati dapat menyelenggarakan RAT sendiri mulai tahun 2007 hingga 2010.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar